Faktor-faktor Penting yang Mempengaruhi Kecepatan Intenet:


Umstrieduatiga.comInternet adalah salah satu hal yang dibutuhkan saat ini oleh banyak orang saat ini. Namun ada kalanya jaringan internet tiba-tiba menurun. Padahal sudah menggunakan paket yang paling mahal.

Ada kalanya ketika sedang melakukan aktivitas di internet, koneksi yang awalnya cepat tiba-tiba melambat bahkan ada juga yang tidak dapat 'berjalan' sama sekali.

Memang ada serangkaian sebab kenapa akses internet menjadi lambat atau hilang sama sekali. Tentunya salah satunya adalah karena kuota internet telah habis
.

Berikut Faktor-faktor Penting yang Mempengaruhi Kecepatan Intenet:

1. Lokasi
Ini menjadi faktor paling penting dari semua faktor yang akan dibahas berikutnya. Lokasi merupakan alasan utama mengenai cepat atau lambatnya sebuah Koneksi Internet. Semakin bagus lokasi, maka semakin baik pula transmisi data yang terjadi.

Sebagai contoh: Speedy
Pada awal 2014, Telkom Speedy sudah mulai menggulirkan pemakaian Fiber Optik untuk Koneksi Internetnya, tapi belum semua wilayah terjangkau, sehingga pelanggan yang lokasinya belum terjangkau tidak akan bisa menikmati koneksi internet yang cepat. Oleh karena itu, Faktor lokasi sangat mempengaruhi dalam koneksi sebuah internet.

2. Sinyal
Hampir sama pembahasannya, Sinyal tentu juga tergantung Lokasi, semakin bagus lokasi, terutama dekat dengan BTS Provider tersebut, maka semakin bagus pula koneksi internet yang didapat.

Sebagai contoh: Bolt Super 4G
Provider ini hanya tersedia di kawasan JaBoDeTaBek, dan menjanjikan kecepatan up to 72Mbps. Tapi pada kenyataannya, tidak semua wilayah (JaBoDeTaBek) mendapatkan kecepatan yang dijanjikan. Hal ini bisa jadi karena pembagian menara BTS yang belum merata.

Provider Penyedia Internet (ISP)
Ini krusial. Dari semua yang sudah dibahas sebelumnya, ISP selalu menjadi aktor penting dalam jalannya sebuah Internet, tentu dengan memilih ISP yang pas dan tepat dengan kondisi lokasi serta penerimaan transmisi sinyal akan menjadi hal yang disarankan.

Sebagai contoh: FastNet
FastNet menyediakan Jasa Internet yang terbilang cukup baik dan stabil, hanya saja jangkauannya belum terlalu luas, sehingga rumah, kantor atau bahkan gedung yang membutuhkan Jasa dari FastNet ini terbilang rumit, dikarenakan instalasinya yang belum sampai.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment