Efek Negatif Melakukan Refresh Berkali-kali Terhadap CPU

refresh-berkali-kali-dengan-F5

Umstrieduatiga.com – Semua pengguna computer pasti mengenal yang namanya refresh. Bahkan mungkin Anda selalu melakukan refresh setiap kali Anda membuka computer. Baik di desktop ataupun di dalam windows explorer.

Sebenarnya pada postingan sebelumnya telah dibahas bahwa melakukan refresh berkali-kali adalah sebuah kebiasaan konyol saja. Kenapa disebut konyol karena pada dasarnya refresh berkali-kali tidak akan berpengaruh pada performa computer. Selengkapnya baca disini.

Kalau di postingan sebelumnya admin tidak menyebutkan apa efek negative dari tindakan merefresh atau menekan F5 berjakali-kali. Kali ini kita akan membahasanya.

Sebuah bukti yang membuktikan bahwa sebenarnya melakukan Refresh menggunakan Tombol F5 berkali-kali akan membuat CPU Usage menjadi tinggi. Hal ini tentu saja akan berampak pada kerusakan CPU secara perlahan.

Untuk membuktikan tersebut, Anda bisa mencobanya di computer atau laptop Anda sendiri.
  •  Masuk ke Task Manager, Klik kanan di Taskbar pilih Task Manager
  • Pilih tab Performance perhatikan CPU Usage. Dalam keadaan belum di Refresh,
Sebelum-Refresh-Umstrieduatiga
  • Kemudian, Coba lakukan Refresh berulangkali secara cepat menggunakan Tombol F5 di Posisi Mouse berada di Desktop. Dengan seketika CPU Usage meningkat menjadi besar
Sesudah-Refresh-Umstrieduatiga


Melakukan refresh sebenarnya tidak masalah asal tidak dilakukan secara berlebihan. Bukannya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik?. Sama halnya dengan refresh ini. 

Jangan lupa Like and Share agar yang lainnya juga tahu !!!

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. apakah sama pengaruhnya kalau refresh nya pake klik kanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. refresh melalui klik kanan tentu saja lebih lambat daripada menekan f5, tapi intinya jika dilakukan berkali-kali efeknya sama

      Delete