6 Cara Agar Komputer Lebih Cepat Bekerja

animasi-komputer
Walaupun sekarang perangkat portable sudah mulai mengancam keberadaan komputer, namun masih banyak orang yang tetap menggunakan perangkat elektronik satu itu dalam melakukan aktivitas.

Namun, menjadi satu hal yang menjengkelkan apabila suatu ketika sedang melakukan aktivitas lebih-lebih pada saat mengerjakan sesuatu yang penting, komputer atau laptop yang digunakan sangat lambat dan tidak kooperatif.

Untuk hal itu, diperlukan penanganan khusus agar komputer dapat berjalan cepat bahkan lebih cepat dari biasanya.

1. Uninstal program-program yang tidak diperlukan
Sebuah komputer atau laptop baru pastinya akan berisi banyak software atau program bawaan dari vendor. Sayangnya tidak semua program tersebut berguna bagi pemilik perangkat tersebut.

Dikarenakan banyaknya program yang terinstal, walaupun program itu tidak berjalan namun software-software tersebut bekerja 'di balik layar' dan secara otomatis akan menghambat kinerja komputer atau laptop dalam beroperasi.

Untuk itu, coba membuang program-program yang tidak diperlukan agar dapat menambah kecepatan proses komputer.

2. Sering membersihkan data temporer
Data-data dalam folder temporary files merupakan catatan sampah yang setiap hari akan menumpuk ketika komputer digunakan beraktivitas. Dengan menumpuknya data di folder tersebut, secara otomatis kinerja dan kecepatan komputer menurun.

Untuk itu, disarankan untuk menghapus semua data di folder temporary files, sejarah penjelajahan internet dan juga cookies.

Setelah membuang data-data yang dianggap sampah tersebut, langkah terakhir adalah mengakses Recycle Bin dan menghapus sekali lagi data-data yang ada di dalamnya.

3. Tambah kapasitas HDD atau kurangi data
ada umumnya, ketika data dalam suatu HDD sudah mendekati 85 persen, maka secara otomatis kecepatan komputer menurun. Untuk itu ada dua opsi untuk dapat mengembalikan kecepatan komputer yaitu dengan mengurangi kapasitas data yang disimpan di dalam komputer atau menambah kapasitas HDD nya.

4. Tambahkan RAM
RAM atau Random Access Memory memegang peranan penting dalam sebuah proses komputer. RAM akan bertindak sebagai pembaca data yang ada di dalam HDD komputer.

Salah satu indikasi komputer memerlukan tambahan RAM adalah ketika mencoba mengakses atau membuka data yang berukuran besar, kecepatan komputer secara tiba-tiba melambat.

Oleh karenanya, disarankan untuk menambah kapasitas RAM untuk dapat menambah kecepatan komputer. Namun perlu diingat bahwa tidak semua memory stick dapat bekerja atau kompatibel dengan segala jenis komputer.

Jadi sebelum membeli memory stick, harap dilihat dulu jenis apa dan berapa kaki pada RAM serta berapa maksimal tampung komputer yang bersangkutan.

5. Defrag
Dianjurkan untuk melakukan defrag secara berkala. Memang defrag tidak memiliki peran untuk membuat suatu sistem lebih baik. Namun fitur defrag ini seperti layaknya seorang manusia yang membersihkan suatu tempat yang berantakan.

Ketika setelah bersih dan rapi, maka pada saat dia berjalan akan lebih mudah dan lancar. Begitu pula dengan cara kerja defrag. Fitur satu ini hanyalah penata data-data yang telah terenskripsi menjadi lebih rapi.

Apabila data-data telah tertata rapi, maka RAM akan lebih mudah mengakses.

6. Lakukan pembersihan melalui fitur Disk Clean Up
Selain melakukan defrag, diharapkan untuk melakukan disk clean up secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar sebuah komputer dapat selalu bersih baik dari data temporer internet, program yang telah di-uninstal sampai dengan registry yang telah menjadi sampah.

angkah terakhir untuk membuat komputer atau laptop dapat bekerja lebih cepat dan maksimal adalah melakukan pembersihan di sisi fisiknya.

Secara logika, ketika sebuah perangkat dalam kondisi yang kotor di bagian hardwarenya, maka banyak hal seperti laju kipas melambat atau juga panas berlebih yang diakibatkan debu yang menempel di beberapa bagian termasuk chip dan prosesor akan membuat komputer menjadi lambat.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment