Mengenal Fitur - Fitur Penting Laptop - Hardisk

Mengenal-Hardisk-Laptop
Hardisk pada laptop juga berfungsi sebagai komponen atau tempat penyimpanan data dan dokumen penting. Selebihnya, hardisk tentu juga berperan sebagai tempat atau “ arena “ bekerjanya system operasi ( software ), seperti Windows dan sejumlah program eksternal tambahan lainnya.
Bentuk dan ukuran hardisk didesain lebih kecil dan tipis. Termasuk beratnya juga jauh lebih ringan ketimbang hardisk yang digunakan pada PC kebanyakan. Itu tentu lagi – lagi menyesuaikan dengan bentuk laptop yanh jauh lebih kecil, ringkas serta praktis ketimbang PC. Apalagi belakangan kita melihat ikuran laptop umumunya kian mengecil, tipis dan simple untuk dibawa kemana saja. Meski begitu, tidak ada perbedaan yang mendasar  Antara fungsi hardisk pada laptop dan PC.
Ukuran atau daya tamping hardisk biasanya memang sangat mempengaruhi tingkat kecepatan kinerja sebuah laptop. Artinya, semakin besar daya tampung hardisk, maka semakin besar pula ruang yang tersedia bagi system operasi ( software ) untuk bekerja. Hal itu terutama sangat berpengaruh pada saat laptop digunakan untuk menjalankan sejumlah program. Sederhanaya, bila aktivitas yang menuntut ruang gerak besar dijalankan pada ruang kecil tentu hasilnya tidak maksimal dan terkesan terhambat, sebaliknya bila dilakukan pada ruang yang luas maka hasilnya maka benar – benar akan memuaskan.
Sebagai tambahan, perlu diingat bahwa sebesar apapun ruang hardisk. Namun bila dalam kondisi yang sudah terlalu padat, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Karena itu, beban pemakain hardisk harus disesuaikan dengan sisa daya tampungnya. Paling tidak, 8 – 10 % dari keseluruhan ukuran daya tamping hardisk disisakan sebagai ruang kosong atau tempat bagi system operasi bekerja.
Lebih dari itu, kecepatan kinerja hardisk pada laptop juga sangat ditentukan oleh besar ukuran satuan kecepatan putarannya. Variasi umumnya ada dua ukuran, yakni 5. 400 rpm dan 7. 200 rpm. Sudah tentu, semakin besar ukuran kecepatan putaran hardisk yang digunakan, maka semakin cepat dan baik pula kinerja system sebuah laptop.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment