Home » , » Tips Merawat USB Flashdisk

Tips Merawat USB Flashdisk

Wallpaper-Flasdisk-3D-Umstrieduatiga

Sebelumnya UMSTRIEDUATIGA telah memposting tips memilih USB flashdisk dan kali UMSTRIEDUATIGA akan berbagi tips agar flashdisk awet dan tahan lama.

Colokkan Flashdisk Setelah PC ON Sempurna.
Ini dilakukan untuk menghindari kerusakan akibat arus listrik yang tidak stabil.
Pastikan flashdisk hanya tertancap ketika komputer sudah menyala sempurna. Jangan biasakan membiarkan flashdisk tertancap di PC atau Laptop dari saat mati..menyala..hingga mati lagi.

Mencabut Flashdisk dengan Benar
Usahakan selalu gunakan fitur Safely Remove Hardware untuk mencabut flashdisk yang telah selesai digunakan dikomputer.  Jangan main asal cabut saja..Apalagi waktu proses copy data masih berlanjut. Resikonya bukan hanya data Anda hilang atau rusak karena corrupt, tetapi umur flashdisk juga bisa dipertaruhkan.

Format dengan File System yang tepat
File system ada macem2, ada FAT32, NTFS, exFAT, dsb. Jika flashdisk berukuran kurang dari 2GB, gunakan FAT32 saat melakukan format. Jika flashdisk berukuran 4GB keatas, sebaiknya menggunakan NTFS. Ingat, jika file system yang Anda pakai FAT32 di flashdisk berkapasitas besar, Anda tidak bisa mengcopy data yang berukuran lebih dari 4GB per file. Jika kapasitas flasdisk diatas 32GB, sebaiknya exFAT sebagai file systemnya saat format.

Jangan Buru2 Format
Format memang seringkali bisa menyelesaikan masalah, tetapi jangan buru-buru  format. Lakukan dulu Error Checking sebelum melakukan format, siapa tahu dengan error checking permasalahan yang Anda alami bisa terselesaikan tanpa harus format. Ini penting banget bagi kamu yang flashdisknya error tetapi belum melakukan backup data. Error checking bisa menyelamatkan Anda dari kehilangan data akibat terburu-buru melakukan format.

Jangan Terlalu sering Melakukan Format
Melakukan format memang seringkali bisa menyelesaikan permasalahan di flashdisk seperti corrupt, lemot, dan tidak terbaca. Tetapi jangan terlalu sering melakukannya. Beberapa pemilik flashdisk bahkan melakukan format setiap kali akan menghapus data. Hal ini tidak disarankan, apalagi full format. Jadi..lakukan format seperlunya saja jika memang benar-benar diperlukan.

Jangan bekerja langsung di flashdisk
Terkadang kita harus mengerjakan suatu data tidak pada computer kita karena suatu sebab. Nah untuk bekerja di computer lain sebelumnya kita harus mengkopy dulu ke flashdisk data tersebut dan mulailah kita bekerja langsung di flashdisk. Tanpa disadari melakukan editing file langsung dari flasdish bisa mengurangi masa hidup flashdisk itu sendiri.  Masa hidup flashdisk bervariasi antara 10.000 - 100.000 proses read/write.

Jaga dari Medan Magnet
bukan hanya computer atau laptop saja yang perlu dihindarkan dengan medan magnet flashdisk juga demikian.

Tutup Flashdisk dan Jangan Biarkan Tutupnya Hilang
flashdisk yang tidak berpentup atau hilang penutupnya bisa mempengaruhi umurmasa pakainya. Ini disebabkan flashdisk yang tanpa penutup bisa termasuki debu bahkan bisa berkarat. Debu juga bisa membuat flasdisk cepat berkarat

Segera Cabut Jika Sudah Selesai
Segeralah mencabut flashdisk ketika sudah selesai menggunakannya untuk mengurangi overheat dan proses read/write yang tidak perlu.

Jangan Defrag Flashdisk
Mungkin Anda sering melakukan defrag untuk hardisk untuk meningkatkan performa computer atau laptop tetapi jangan sekali kali melakukannya pada falshdisk

Defrag flashdisk hanya menambahkan proses read/write yang tidak perlu yang hanya mengurangi jatah masa hidup flashdisk tersebut.
Share this article :
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. kebetulan saya hanya punya satu flashdisk gan jadi harus saya rawat baik-baik, nice posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan..kecil tapi tapi memiliki fungsi yang banyak

      Delete

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrieduatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>