Tips Memilih USB Flashdisk

Tips-Memilih-Flashdisk

Flashdisk, meskipun berukuran kecil tapi memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam hal copy meng-copy data.

Saat ini berbagai merek dan bentuk flashdisk beredar dipasaran. Dengan banyaknya variasi flasdisk tentu akan membuat plihan Anda semakin banyak dan tentunya Anda akan memilih Flasdisk berdasarkan kebutuhan Anda.

Namun, disisi lain dengan banyaknya variasi flasdisk terkadang membuat kita bingung mau milih yang mana. Saya sendiri pernah kecewa karena salah pilih flasdisk. Flashdisk yang saya beli yang berkapasitas 16Gb terkadang tidak bisa terbaca computer, error saat mengkopy. Kalaupun sukses mengkopy, file yang hasil copy-annya berubah menjadi tulisan “alien”. ( mau dibilang tulisan arab bukan, tulisan china juga bukan ). Cek per cek ternyata flasdisk tersebut palsu.

Nah karena itu, agar Anda tidak mengalami hal seperti saya. Berikut tips dan trik bagaimana cara memilih USB Flashdisk

1. Casing yang kuat
Mengingat flasdisk yang sering dimasukkan ke tas, saku sehingga tertindis buku atau bahkan laptop Anda sendiri. Casing yang kuat akan melindungi flashdisk dari kerusakan fisik akibat jatuh, gencetan, dsb.

2. Bentuknya simple
Berbagai macam bentuk flasdisk  kita bisa temui dipasaran seperti boneka, donat, mobil dsb. Jika Anda tidak ingin menjadikannya hiasan lebih baik cari flashdisk yang bentuk simple.

PC atau laptop biasanya memiliki slot USB yang berdekatan, Anda bakal kesulitan nanti kalau ingin menggunakan kedua slot tersebut bersamaan. Misalnya saja satu slot untuk mouse dan slot lain untuk flashdisk, maka flashdisk yang berbentuk donat akan sulit masuk.

3. Penutupnya nempel body
Sebisa mungkin pilihlah flashdisk yang tutupnya nempel ke body.  Ini untuk meminimalkan potensi kerusakan port USB.

4. Hindari Flashdisk bertipe slot
Tahu khan, flashdisk yang "kepala" nya bisa dimasukin ke body flashdisk dan bisa dikeluarkan saat mau dipakai lagi.

Flashdisk tipe ini emang praktis. Sampe akhirnya slot tersebut longgar dan akan susah saat  masukkan ke port USB PC / laptop. Ditekan ke port USB, bukannya masuk ke PC / laptop, malah masuk lagi ke body flashdisk.

5. Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan
Kita tahu bahwa saat ini berbagai kapasitas flashdisk beredar di pasara mulai dari 1 Gb sampai 32Gb. Bagi Anda yang pelajar atau mahasisiwa, Jika hanya sekedar menyimpan dokumen-dokumen tugas sekolah atau kuliah, rasanya kalau 4 sampai 8 Gb rasanya sudah sangat cukup.

6.  Sesuaikan Kecepatan Transfer dengan Kebutuhan
Saat ini ada flashdisk dengan USB 2.0 dan USB 3.0. Jika hanya sekedar untuk menyimpan dan bertukar data, Anda bisa menggunakan flashdisk USB 2.0 dengan nyaman.

Tetapi kalau Anda ingin mengakses PC dan software melalui flashdisk. Sebaiknya cari yang tipe USB 3.0. Dengan begitu Windows dan software yang Anda jalankan melalui flashdisk bisa berjalan dengan lebih cepat dan optimal.

Semoga bermanfaat !!!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: