Home » , , » Perbedaan Antara Website dan Blog

Perbedaan Antara Website dan Blog


Umstrieduatiga.com – Blog atau weblog dan website merupakan media yang dapat kita gunakan untuk membagikan konten berupa teks, gambar, video, dan audio kepada banyak orang. Pengguna blog dan website selalu bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Salah satu penyebabnya adalah kebutuhan kita terhadap blog dan website yang selalu meningkat serta kemudahan untuk membuat dan menggunakannya. Meskipun sepintas keduanya sama, tetapi pada dasarnya blog dan website merupakan dua media yang berbeda.

Perbedaan antara blog dan website cukup membingungkan bagi sebagian besar orang. Sebagian orang merasa bingung antara blog dan website sementara yang lain ada yang belum mengerti tentang keduanya. Dalam rangka untuk menghapus pandangan Anda tentang blog dan website, kami akan berbagi pengetahuan tentang perbedaan antara Blog dan Website. Sebuah blog dan website memang sama sekali berbeda dalam banyak hal. Anda tidak bisa menganggap keduanya itu satu hal yang sama! Untuk memiliki perspektif yang jelas mengenai keduanya.


BLOG itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, blog itu website, tapiwebsite belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yangnamanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur,dapur, dll. Nah, blog itu ibaranya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.

Jadi, ringkasnya, perbedaan antara blog dan website adalah sebuah blog sudah pasti bisa disebut website , karena blog itu bagian dari website. Tapi sebuah website belum tentu disebut blog. Paparan ringkas berikut ini akan memperjelas identitas blog dan website sehingga kita bisa menemukan perbedaannya lebih jauh lagi.

1. Perbedaan Pengertian
Kata Wikipedia , blog --singkatan dari web log — adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web yakni sistem dokumen hypertext  (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet.

Website (situs web) - sering disingkat dengan istilah web atau Situs saja-- adalah sejumlah halaman situs (web page ) yang disajikan dari domain tunggal, ditempatkan (hosted ) pada sebuah server web, dan dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai “Uniform Resource Locator” (URL).

Pengertian ringkas dan sederhana, website adalah halaman (page ) yang berisi informasi apa saja dan bisa diakses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

2. Perbedaan Tampilan
Dari segi desain atau tampilan, dalam hal ini homepage, frontpage , beranda, atau tampilan halaman depan, ciri khas atau ciri utama blog adalah urutan tulisan (posting), yaitu dalam “urut terbalik”. Posting terbaru paling atas atau paling depan, diikuti posting lama, meskipun tidak selamanya demikian, khususnya kalo pake template blog magazine style atau news style.

Website umumnya memiliki tampilan (desain) lebih menarik ketimbang blog dengan menggunakan desain CSS/HTML Template buatan sendiri. Namun demikian, dari segi tampilan, blog dan web sekarang sulit dibedakan karena sama-sama bagus (atau sama-sama jelek?).

3. Perbedaan Konten
Dari segi konten (isi), blog biasanya berisi catatan pribadi pemiliknya (blogger) tentang berbagai hal, bisa juga tentang topik khusus. Blog itu awalnya adalah catatan harianonline” (online diary ). 

Jadi, blog itu sifatnya personal, website pribadi, isinya tentang "kepribadian" sang blogger. Namun demikian, blog saat ini bisa juga dimiliki komunitas, organisasi, atau lembaga, dengan banyak penulis (multi-author). Blogspot membatasi jumlah author maksimum 100 username.

Website biasanya milik lembaga/instansi atau komunitas. Contoh website yang paling umum adalah portal berita (news portal ), seperti detik.com, kompas.com,republika.co.id, antaranews.com, dll. yang dimiliki lembaga pers (media online) yang sifatnya komersial.

Contoh website lainnya adalah milik perusahaan yang berupa company profile. Isinya berupa visi, misi, program/layanan, kontak, produk/jasa, struktur organisasi, atau layanan online seperti e-banking (internet banking) atau transaksi online.

4. Perbedaan Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan dalam posting blog biasanya informal, tidak kaku dan tidak baku. Umumnya menggunakan gaya bahasa tutur (spoken words ) atau bahasa percakapan (conversational).

Website, karena umumnya resmi milik lembaga/instansi atau perusahaan, maka gaya bahasa yang digunakan lazimnya formal atau “semiformal”yang cenderung kaku (baca: baku). Konten website instansi juga biasanya jarang di-update, kecuali mereka punya tim khusus yang mengurusnya (web content editor team ).

5. Perbedaan  Domain+Hosting
Blog biasanya tidak menggunakan domain dan hosting sendiri, tapi memanfaatkan platform blog yang sudah ada, tinggal pake, dan gratis, seperti Blogspot danWordpress. Namun, banyak pula yang menggunakan nama domain sendiri, tapi hostingnya menggunakan blogspot/wordpess.

Website umumnya menggunakan nama domain dan hosting sendiri, yaitu dengan menyewanya kepada provider. Banyak juga yang punya server sendiri. Nama domainnya biasanya sama dengan nama perusahaan/lembaga, seperti telkom.co.id,kementan.go.id, bandung.go.id, bni.co.id, viva.co.id, detik.com, dll.

Namun, banyak juga instansi/lembaga yang menggunakan blog untuk websitenya,yaitu dengan cara menggunakan nama domain sendiri

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrie Duatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>