Home » , » Memagari Laptop dari Colokan Flashdisk

Memagari Laptop dari Colokan Flashdisk

hati-hati-mencolok-sembarangan-flashdisk-ke-laptop

Laptop Anda sering dimasukkan flashdisk yang berbeda-beda, sehingga sering terinfeksi virus. Bagaimana mengantisipasinya?.

Program antivirus yang baik seharusnya sudah mampu memproteksi computer dari serangan virus melalui USB Flasdisk (UFD), jaringan dan internet asal antivirus tersebut terupdate secara teratur.

Banyaknya UFD yang keluar masuk di computer maupun laptop tentu resiko terinfeksi virus lebih tinggi. Karena itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan computer dari infeksi virus melalui UFD

Tips melindungi computer dari virus flasdisk:

1. Matikan Autorun
Karena mayoritas virus mengesploitasi autorun, dimana dengan satu script simple yang ada di UFD ketika dicolokkan ke computer akan secara otomatis menjalankan file “autorun. Inf” yang kemudian akan mengkopikan file virus dari UFD ke computer yang baru dicolok . Salah satu metode yang sangat efektif untuk mencegah infeksi virus UFD adalah mematikan autorun.

Bagi pengguna pengguna windows 7, secara default Microsoft sudah menonaktifkan fitu autorun untuk UFD/USB drive sehingga setiap kali Anda mencolokkkan ke computer windows 7 maka Autorun tidak akan dijalankan. Autorun  untuk  optical drive Windows 7 tetap aktif.

2. Pakai Antivirus Flash Disk
Menonaktifkan autorun rasanya belum lengkap tanpa memasang antivirus yang memang dibuat untuk mencegah penyebaran virus melalui flash disk. Anda dapat menggunakan beberapa program gratis tambahan seperti Ninja Pendisk atau produk local SmadAV yang memiliki keunggulan mampu mendeteksi virus local dengan sangat baik.


Harap perhatikan bahwa saran ini lebih memfokuskan pada peningkatan pengaman pada infeksi dari UFD dan saya tidak menyarankan Anda tips ini saja untuk melindungi perangkat Anda.

Tetapi sebaiknya Anda selalu mempraktekkan prisip security yang baik. Seperti selalu melakukan update patch untuk menutupi celah keamanan, back up secara teratur dan menggunakan program antivirus yang terupdate terutama Anda yang menggunakan OS Windows

Share this article :
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. nice post gan, ijin download antivirusnya

    ReplyDelete
  2. caranya sudah saya terapkan sejak dulu gan, Masalahnya kalau pakai Smadav cuma buat penyaring virus kecil. Virus yang dasyatnya cuma kebaca pakai AVG..

    ReplyDelete
  3. betul gan, SmadAV memang spertinya khusus virus "kecil" saja, makanya disarankan agar memadukannya dengan Antivirus Internasional semacam AVG, Kaspersky, Avira, dll.

    terima kasih telah berkunjung !!!

    ReplyDelete
  4. oh gt, terima kasih gan informasinya sangat bermamfaat sekali, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama
      terima kasih juga telah berkunjung

      Delete

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrieduatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>