Home » , » Waktu Efektif Pemakaian Laptop

Waktu Efektif Pemakaian Laptop

Waktu-Efektif-Pemakain-Laptop

Sekilas secara fungsinya, laptop memang tidak berbeda dengan PC/computer desktop. Namun bila dilihat lebih jauh, ada yang sangat berbeda dari keduanya. Yaitu bila PC memang didesain untuk masa pemakaian berjam-jam, bahkan berhari-hari. Sementara laptop bukan demikian.

PC memiliki desain serta bentuk CPU yang jauh lebih besar dibanding laptop. Itu artinya, volume sirkulasi udara yang masuk ke dalam CPU jelas lebih banyak. Selain mengharapkan udara yang dihasilkan kipas di dalam CPU . udara masuk dari luar juga sangat membantu proses stabilitas suhu CPU itu sendiri. Sejumlah komponen hardware di dalamnya tentu tidak begitu panas bila dipakai selama berjam-jam. Paling tidak tinggi suhunya tidak seperti panas pada laptop. Secara otomatis, bila kondisi suhu komponen hardware lebih terjaga, maka kinerjanya bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Sebaliknya, desain serta bentuk laptop yang jauh lebih kecil membuat udaranya menjadi relative lebih kurang. Udara yang bisa masuk dari luar ke dalam casing laptop sangat sedikit. Itu tentu akan membuat suhu di dalam laptop menjadi lebih panas dan suhu sejumlah hardware di dalamnya juga menjadi kurang terjaga. Itu menyebabkan sewaktu laptop dipakai dalam waktu yang sangat lama, misalnya berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Hasil kinerjanya akan menjadi kurang efektif atau bahkan sering mengalami gagal operasi.

Karena itu, pengguna harus mengontrol jam pemakaian laptopnya. Bila memang ingin dipakai waktu lama. Disarankan pada waktu-waktu tertentu  laptop diistirahatkan/sementara waktu. Lamanya kira-kira antara 15-20 menit. Baru setelah itu, gunakan kembali laptop Anda.

Bila Anda menggunakan laptop pada ruangan yang memiliki pengatur suhu berupa AC, pakailah untuk masa paling lama 7-8 jam ( non stop ). Sedangkan bila pada ruangan yang tidak ber - AC laptop dipakai paling lama 5 – 6 jam ( non-stop). Bila lebih dari itu, seperti yang telah dijelaskan, istrihatkanlah terlebih dahulu laptop Anda untuk beberapa waktu, baru setelah itu gunakan kembali sesuai aturan yang dianjurkan tadi.

Sebagai saran, bila anda memiliki PC selain laptop, sebaiknya gunakan sajalah PC tersebut untuk menangani jenis pekerjaan yang memakan waktu lama (berjam-jam). Kita tidak boleh lupa, laptop sebetulnya didesain untuk pemakaian dimana dan kapan pun. Bila laptop tetap sering dipakai dalam waktu lama maka dikhawatirkan umur atau keawetan laptop itu sendiri menjadi kurang panjang.

Baca Juga Mempertahankan Daya Tahan Baterai Laptop
Share this article :
Comments
4 Comments

4 comments:

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrie Duatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>