Home » , , » 5 Langkah Mudah Tingkatkan Kecepatan Internetan Di Google Chrome

5 Langkah Mudah Tingkatkan Kecepatan Internetan Di Google Chrome


Umstrieduatiga.com - Google Chrome mulai menjelma sebagai browser internet dekstop yang paling banyak dipakai, bersama Mozilla FireFox dan Internet Explorer. Hal itu tidak lepas dari banyaknya fitur dan kecepatan akses internetnya yang tergolong tinggi.

Sayangnya, ada kalanya Chrome mengalami masalah yang membuat akses internetan menjadi lambat. Bahkan, dalam beberapa kasus Chrome pada komputer bisa crash atau menutup dengan sendirinya. Ini tentunya akan sangat mengganggu bila terjadi berulang kali.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa langkah mudah yang Anda bisa coba di rumah, kantor, atau warnet. Berikut ulasannya.

1. Hapus data browsing
Cara mudah meningkatkan kecepatan Google Chrome yang paling mudah tentu saja menghapus histori dan cache yang tersimpan di dalamnya. Selama kita membuka situs-situs internet, browser secara otomatis akan menyimpan data dari situs-situs itu.

Nah, data situs yang menumpuk itulah yang dapat memberikan beban pada browser dan memperlambatnya. Untuk melakukan itu, Anda perlu memilih 'Tool' pada menu Chrome yang diikuti oleh 'Clear Browsing Data'. Tetapi, sebelum melakukan hal ini, sebaiknya Anda pastikan tidak ada histori penting di browser Anda.

2. Jalankan aplikasi Google Software Removal Tool
Google Software Removal Tool atau alat penghapusan perangkat lunak Google dapat meningkatkan kecepatan Chrome dengan otomatis. Anda tinggal mengunduhnya disini, kemudian jalankan aplikasi tersebut.

Lalu, alat tersebut akan memindai dan membuang perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah pada Chrome.

3. Scan virus dengan anti-malware
Mengingat browser seperti Chrome adalah gerbang ke internet yang akhirnya menjadi pintu masuk virus, maka disarankan untuk selalu melakukan pembersihan virus setelah Anda internetan.

Banyak virus yang masuk seringkali membuat Chrome tidak stabil dan akhirnya memicu masalah lain seperti penurunan kecepatan.

Pembersihan virus ada baiknya menggunakan anti-malware, ketimbang antivirus biasa. Anti-malware seperti milik Malwarebytes misalnya, mampu menemukan, menghapus, dan memblokir akses masuk virus yang menyerang browser.

4. Nonaktifkan plugin Chrome
Saat memasang Google Chrome, pasti akan ada beberapa plugin yang ikut terinstal, misalnya Java dan Flash. Namun terkadang ada banyak lagi plugin yang ikut terpasang.

Nah, jika benar-benar tidak memerlukannya, Anda bisa menonaktifkan plugin-plugin itu, selain Flash dan Java tentunya. Kedua plugin tersebut sering dipakai untuk memuat beberapa jenis halaman website dengan sempurna.

Anda hanya perlu mengetikkan 'about:plugin' pada kolom pencarian Chrome, lalu tekan enter. Kemudian Anda tinggal memilih plugin-plugin apa saja yang Anda ingin nonaktifkan.

5. Hapus aplikasi extension
Saat Anda menggunakan Chrome, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda instal dari toko Chrome Web Store, aplikasi ini sering dikenal dengan 'extension'. Namun, beberapa pengguna sering tidak sadar memasang terlalu banyak extension.

Imbasnya, Chrome dapat terganggu dan mengalami kelebihan beban yang berujung pada menurunnya kecepatan akses internet. Cara menghapus extension pun cukup mudah, Anda kembali harus membuka menu Chrome lalu pilih opsi 'Tools', diikuti 'Extension'. Lalu tinggal pilih extension mana yang ingin Anda buang dari Chrome.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrie Duatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>