Home » , » Tips Mengatasi Baterai Drop Smartphone

Tips Mengatasi Baterai Drop Smartphone


Umstrieduatiga.com - Baterai tidak dipungkiri menjadi salah satu bagian paling penting dari sebuah smartphone. Salah satu masalah yang paling sering menghampirinya adalah 'ngedrop' alias daya baterai yang cepat habis.

Apabila baterai smartphone Anda sudah
menunjukkan gejala ngedrop, seperti mudah habis dayanya setelah dicharge atau bahkan kadang tidak bisa dicharge sama sekali ada sebuah cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan kalibrasi.

Pada dasarnya OS Android mempunyai sistem pengaturan bateri yang akan menampilkan kapasitas dari baterai itu sendiri. Namun, ada kalanya sistem tersebut rusak dan daya yang ditampilkan tidak sama dengan yang ada tersimpan di dalam baterai. Hal ini lah yang terkadang membuat smartphone mudah ngedrop padahal baterai masih bekerja normal.

Nah, kalibrasi adalah metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone Android agar kembali seperti sedia kala.

Sejatinya ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi antara lain menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau me-root smartphone. Tetapi, ada satu langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengkalibrasi smartphone tanpa harus susah payah mengunduh aplikasi dan root.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengkalibrasi smartphone adalah mengisi ulang baterai hingga penuh. Setelah baterai terisi penuh, cabut charger dan matikan smartphone.

Saat smartphone dalam posisi mati, lakukan pengisian daya kembali sampai baterai terisi penuh. Lalu kembali cabut charger,hidupkan smartphone, dan atur agar lampu latar belakangnya untuk terus hidup. Anda bisa melakukannya di opsi 'Tampilan' di menu pengaturan.

Sekali lagi isi ulang daya baterai sampai 100 persen dalam kondisi smartphone hidup. Kemudian lepas charger dan pakai smartphone seperti biasa hingga baterainya habis atau mencapai 0 persen.
Selesai! Smartphone Anda sudah terkalibrasi dan Anda bisa mengisi ulang lagi dayanya dan digunakan seperti biasa. Smartphone pun tidak akan mudah ngedrop lagi. Anda juga bisa mengulangi cara ini jika baterai smartphone kembali ngedrop.

Akan tetapi, cara perlu diketahui bila cara ini mungkin tidak akan bekerja pada smartphone yang baterainya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan secara fisik, seperti menggelembung dan sebagainya. Selamat mencoba!

Satu lagi, jangan lupa mengembalikan pengaturan lampu background smartphone agar bisa 'tidur' secara otomatis sehingga smartphone Anda tidak terus menyala.


Nonton

Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrieduatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>