Perbedaan Windows Versi Preview, RTM, OEM dan Retail

Windows-8-Profesional-Umstrieduatiga

Umstrieduatiga.com – Di internet beredar windows yang bisa didownload secara gratis. Anda tinggal mengetik nama windows yang ingin Anda download, semisal dengan kata kunci Download Windows 8 Gratis. Akan muncul berbagai macam link yang ditawarkan oleh google. Anda tinggal pilih saja.

Tapi terkadang ada istilah-istilah yang berbeda antara satu windows yang satu dengan windows yang lainnya. Contoh Windows 8. 1 Enterpise RTM, dan Windows 8. 1 Enterpise Preview. Yang kita tahu nama Windowsnya adalah Windows 8. 1 Enterprise. Embel-embel dibelakangnya itulah yang terkadang membuat sebagian orang bingung.

Lalu sebenarnya Apa Perbedaan Windows Versi Preview, RTM, OEM, Dan Retail ?

1. Release Preview

Preview sama artinya dengan Beta. Jadi Windows Preview sama artinya dengan Windows Beta, yaitu Windows yang masih dalam fase development dan sengaja dirilis agar publik bisa mencoba OS tersebut. Windows Preview seringkali masih memiliki banyak bug dan belum maksimal secara fungsional.

2. RTM

"Release to Manufacturing". Windows 8 RTM adalah edisi Windows yang sudah tidak lagi berada di fase development, tetapi belum dirilis ke publik. Windows RTM diberikan Microsoft kepada partner misalnya Dell, Acer, Samsung, dsb beberapa bulan lebih awal sehingga mereka bisa melakukan testing dan mempersiapkannya sebelum menjual PC tersebut ke publik.

3. OEM

"Original Equipment Manufacturing". Windows OEM adalah versi Windows yang preinstalled (built-in) dengan komputer / laptop. Jadi jika km membeli PC yang built-in Windows, maka Windows kamu adalah Windows OEM.

4. Retail / Final

Inilah versi final Windows yang sudah dirilis ke publik. Versi ini sama dengan OEM, hanya saja tidak dibundle dengan komputer / laptop melainkan dijual di box tersendiri. Windows Retail biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi Anda sebelum memutuskan mendownload Windows.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment