Home » , » Penyebab Smartphone Cepat Panas

Penyebab Smartphone Cepat Panas

Banyak pengguna smartphone, terutama saat pertama kali beli, bingung mengetahui perangkat mereka tiba-tiba memanas bagian belakangnya. Mereka pun khawatir bahwa panas ini menunjukkan adanya kerusakan dalam smartphonenya.

Smartphone-terbaru

Sebenarnya, panas yang keluar dari smartphone bisa menunjukkan dua indikasi yang berlawanan. Dalam salah satu sisi menandakan bahwa smartphone tersebut sedang berjalan normal, namun di sisi lain bisa juga menunjukkan adanya masalah dalam smartphone tersebut.

Penyebab smartphone jadi panas.

1. Kotor
Debu bisa jadi satu alasan kenapa smartphone cepat panas saat dioperasikan. Hal ini dikarenakan debu mampu menghambat suhu panas untuk keluar dari smartphone.

Ada baiknya letakkan smartphone di tempat yang tidak kotor untuk menghindari debu yang masuk. Bersihkan dulu saku, tas, dan tempat lainnya sebelum memasukkan smartphone dengan tujuan agar smartphone tidak kemasukan debu. Disarankan juga memakai cover pelindung dengan bahan yang tidak menyerap debu pada smartphone.

2. Kerja keras
Seringkali kita memaksa smartphone untuk bekerja sangat keras, bahkan melebihi kemampuannya. Hal inilah yang kemudian membuat CPU beroperasi sangat cepat sehingga membuat dirinya sendiri memanas.

Sebaiknya pahami dulu seberapa besar kemampuan smartphone yang dimiliki sehingga kita tidak memaksanya untuk bekerja keras. Kurangi juga pemakaian aplikasi-aplikasi berat seperti game HD, GPS, dan layanan streaming jika CPU dan RAM smartphone sudah tidak kuat lagi menjalankannya.

3. Lingkungan tak kondusif
Selain faktor internal, faktor eksternal juga bisa jadi penyebab kenapa smartphone bisa cepat panas. Jika suhu ruangan atau di sekitar smartphone panas, maka perangkat pun akan ikut panas.

Ada baiknya untuk mengurangi penggunaan smartphone di area seperti ini agar suhu yang dihasilkan perangkat tidak makin menjadi-jadi. Baru ketika suhu sekitar sudah kondusif, smartphone bisa digunakan sesuka hati.

4. Salah penggunaan
Kebanyakan pengguna juga lupa menutup aplikasi yang sudah mereka buka. Padahal, hal ini sebenarnya membuat aplikasi tersebut tetap berjalan di sistem smartphone dan membuat kerja CPU makin berat.

Matikan saja aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk mengurangi beban CPU tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan aplikasi pembersih RAM yang banyak beredar di pasar aplikasi.

5. Jaringan bermasalah
Seringkali perangkat memanas ketika sinyal seluler memburuk. Apalagi jika sinyal buruk yang digunakan tersebut adalah 3G, maka panas smartphone pun makin terasa.

Sebaiknya matikan saja 3G jika memang sinyalnya sedang memburuk. Kurangi juga akses data seluler jika jaringan bermasalah.

6. Baterai rusak
Penyebab terakhir kenapa smartphone bisa panas adalah karena adanya kerusakan dalam komponen smartphone tersebut. Salah satunya, bisa disebabkan karena baterai smartphone tersebut memang sudah dalam keadaan buruk. Hal ini juga bisa terjadi karena penggunaan baterai tak resmi pada perangkat smartphone.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya ganti saja baterai yang rusak tersebut dengan yang baru dan direkomendasikan oleh produsen. Hindari penggunaan baterai murah karena dapat membahayakan keselamatan pengguna dan merusak smartphone.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrie Duatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>