Cara Mudah Menangani Hardisk Bad Sector


Saya sering menjumpai di group – group facebook ada yang bertanya begini, “ Laptop saya sering hang dan mati tiba – tiba. penyebabnya  apa ? ”  atau begini “ Hardisk saya tidak terdeteksi pas mau di install ?. Dan kebanyakan para master computer menjawabnya “ Harddisk bad sector “ .

Untuk orang awam pasti tidak tahu apa itu Bad Sector.

Hardisk bad sector adalah kondisi dimana ada bagian dari hardisk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena sebuah kerusakan maupun kegagalan Operation System ( OS ) dalam mengaksesnya.

1. Soft Bad Sector
Bad sector secara software bisa terjadi karena kesalahan pengoperasian komputer/laptop, seperti ketika kita mematikan komputer/laptop tidak menggunakan tombol shutdown. Selain itu, ada juga yang disebabkan oleh matinya listrik secara tiba-tiba saat menggunakan komputer, kelebihan tegangan, serangan virus, dan lain-lain.

Jika kerusakan atau bad sector hardisk anda disebabkan oleh software, maka Anda tidak perlu buru-buru memanggil seorang teknisi untul membongkar komponen-komponen hardisk Anda.  Akan tetapi Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan aplikasi yang fleksibel dan aman. Hanya dalam beberapa langkah, hardisk Anda akan memiliki kemungkinan besar untuk pulih kembali.

2. Hard bad sector
Hard bad sector hampir pasti tidak diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk tersebut, hard bad sector biasanya disebabkan oleh 'Head crash', yaitu kondisi dimana head pada hardisk terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Jika sudah begitu, maka Anda harus terpaksa mengganti hardisk Anda dengan hardisk yang baru.

Memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector

Seperi yang sebutkan tadi bahwa jika hardisk Anda “ hanya “ mengalami soft bad sector Anda tidak perlu buru-buru memanggil seorang teknisi untul membongkar komponen-komponen hardisk Anda. Anda bisa mengatasinya dengan software khusus yang mengatasi hardisk bad sector.

a. Hard Disk Drive Bad Sector Repair
Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi ini yang nantinya akan bekerja sesuai dengan seri 541DX Maxtor. Proses bekerja dari aplikasi ini adalah dengan mendeteksi kesalahan terlebih dahulu yang terdapat pada hard drive yang rusak. Kemudian aplikasi ini akan melakukan perbaikan sedemikian rupa sehingga hardisk bisa bekerja seperti semula sebelum rusak

b. Hard Disk Drive Low Level Format Tool 
Cara kedua ini mewajibkan Anda untuk memback up semua data yang tersimpan di dalam hardisk. Ini bertujuan agar file penting tetap di tangan Anda karena aplikasi ini berfungsi untuk menghapus semua data dan mereset hardisk sehingga kondisi hardisk sama persis waktu pertama kali Anda beli. Hal ini membuat hardisk kembali fresh dan kerusakan pun akan hilang

c. Software Recovery
Cara yang terakhir ini merupakan kebalikan dari cara yang kedua tadi. Software recovery berfungsi untuk mengembalikan seluruh data pada hardisk yang hilang, terhapus, terformat, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi ini, silakan Anda memilih satu di antaranya yang menurut Anda terbaik.

Semoga artikel Memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector bermanfaat untuk Anda.

Selamat mencoba !!!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment