Beberapa Penyebab PC/Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Mengatasi-Komputer-Lemot

Permasalahan komputer ataupun laptop yang lambat dalam bekerja memang seringkali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer dan laptop yang sangat lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer Anda berjalan lambat.

1. Ada aktivitas virus dalam windows
Bersihkan virus dari PC dan Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus Anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer Anda.

2. Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul
Ini adalah kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang Anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer Anda sudah menggunakan processor dual core dan RAM minimal sebesar 2GB 

3. Terlalu banyak memasang Software
Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, Anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan,

Kemudian, Anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer Anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall. 

4. Terlalu banyak memasang antivirus
Aturannya, 1 PC 1 Antivirus, jika lebih dari itu maka memory RAM akan terpakai banyak, apalagi jika antivirus yang digunakan adalah antivirus yang memiliki fitur banyak dan database besar, maka konsumsi RAM akan lebih banyak lagi.

Untuk antisipasi penyebaran virus dari Flasdisk, Anda bisa memakai SmadAV. Atau USB Guard dan dikombinasikan dengan antivirus yang kuat, seperti  AVG atau AVIRA. 


5. Terdapat kerusakan pada komponen computer
Komputer Anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. HDD yang ada bad sectornya akan menyebabkan susah dibaca, sehingga pc akan menjadi berat bahkan hang. Anda bisa menggunakan  tool pengenal bad sector untuk menAndai bad sector dan menghindari pc untuk membacanya.

6. Hardisk penuh
Seberapapun Kapasitas hardisk Anda tapi kalau sudah penuh akan menyebabkan kerja PC menjadi berat. Karena PC akan lebih lama saat mencari dan membaca data. Kebanyakan yang buat hardisk penuh adalah Banyak file file sampah dan registry yang tidak diperlukan dalam windows. Anda bisa menggunakan Software yang bisa membuang sampah computer Anda, Seperti Tune Up Utilities atau CCleaner.

Disarankan agar mengubah letak penyimpanan MY DOCUMENT dari C ke drive data, misal D, ini juga untuk mengamankan data jika sewaktu waktu windows bermasalah.

7. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi
Jika komputer Anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer Anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang Anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar Anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer Anda.

8. Suhu CPU terlalu panas,
Biasanya karena kerja kipas prosesor/heatsink terganggu atau sudah lemah
Kipas heatsink yang terganggu putarannya, baik itu karena debu maupun faktor umur, akan berkurang kemampuannya untuk membuang panas prosesor, akibatnya kerja prosesor terganggu dan pc menjadi kurang optimal. Mulailah membersihkan heatsink atau ganti baru jika putarannya sudah lemah

Semoga bermanfaat !!!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Waduh Terima Kasih Atas Semua Sarannya Sekarang Laptop Saya Jadi Agak Ringan Untuk Dijalankan. Sekali Lagi Terima Kasih Banyak

    ReplyDelete