Home » , » Mengenal Fitur-fitur Penting Laptop – Prosesor

Mengenal Fitur-fitur Penting Laptop – Prosesor

Hampir tidak jauh berbeda dengan personal computer (PC), Laptop jiga ditopang oleh prosesor sebagai pusat pengolahan data serta system operasinya. Prosesor adalah salah satu hardware paling vital dalam rangkaian sejumlah fitur laptop. Sebagai otaku tama dalam menggerakkan system operasi, prosesor pada laptop sudah tentu harus memiliki tingkat kualitas dan performa yang tinggi.

Prosesor pada laptop memang sengaja didesain lebih kecil dibanding prosesor yang terdapat pada PC. Kemudian yang lebih penting adalah dirancang lebih tahan panas dan hanya membutuhkan daya listrik rendah. Maklum desain prosesor demikian memang harus disesuaikan dengan kondisi laptop yang kadang kadang hanya mengandalkan tenaga baterai saja. Bila prosesor dibuat hemat daya maka akan dapat mengirit pemakain energy listrik pada baterai laptop. Dengan begitu, laptop akan lebih fleksibel untuk digunakan dalam waktu yang lama dengan menggunakan baterai; di mana pun dan kapan pun.

Prosesor juga dirancang lebih tahan panas karena menyesuaikan dengan ruang atau bentuk laptop yang jauh lebih kecil dibanding PC. Bila PC memiliki CPU yang sirkulasi udaranya jelas lebih luas, maka laptop sebaliknya. Sirkulasi udara yang jelas lebih minim membuat laptop cepat panas, dan itu  berpengaruh sekali pada kondisi umum serta kinerja hardware, temasuk prosesor itu sendiri. Bila laptop terlalu cepat panas (overheat), tentu hasil kerjanya jauh dari memuaskan, akibatnya laptop Anda akan begitu mudah error atau hang dalam proses operasinya.

Prosesor yang kini digunakan sebagian besar laptop sangatlah bervariasi. Tergantung merek, satuan kekuatan, serta kualitasnya. Secara umum, persaingan prosesor pada laptop setidakya kini didominasi oleh dua merek kelas dunia yaitu Intel dan AMD. Masing – masing memiliki produk unggulannya. AMD tampil dengan AMD Sempron, sedang Intel dengan Intel Celeron M. Untuk kualitas menengah, AMD maju dengan AMD Turon 64 & Athlon 64. Sementara  Intel dengan Intel Core Duo dan Core Solo. Kemudian kelas tertinggi keduanya lebih bersaing lagi. Dimana AMD mengandalkan AMD Turon 64 X2 dan Intel dengan Intel CoreTM2 Duo - nya 

prosesor-intel

Semakin tinggi kualitas prosesor yang digunakan semakin tinggi pula performance kinerja yang dihasilkan sebuah laptop. Dan sejalan dengan itu pula, bahwa semakin tinggi kualitas prosesor yang digunakan pada sebuah laptop maka semakin tinggi/mahal pula harga laptop tersebut.

prosesor-AMD

Lalu, kualitas kelas prosesor mana yang sebaiknya digunakan? Sesuaikanlah dengan kebutuhan pemakaian laptop Anda. Bila laptop Anda hanya dipakai untuk mengetik suatu tugas/pekerjaan atau menjalankan program-program ringan. Maka prosesor kualitas terendah rasanya sudah cukup. Namu jika laptop sering digunakan untuk menjalankan program-program yang lumayan berat, pilihlah laptop dengan kulitas prosesor yang menengah atau bahkan bila Anda seorang pecandu sejumlah game besar semacam PES, GTA, dan lain-lain, gunakanlah laptop yang memiliki kulitas prosesor kelas tertinggi.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Contact | Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2014. Umstrieduatiga.com - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Umstrie23.com
Proudly powered by Blogger>