Agar Layar Laptop Tetap Jernih

menjaga-kebersihan-layar-laptop

Kalau sebelumnya saya pernah menulis bagaimana merawat keyboard / tombol laptop. Nah pada postingan kali ini saya akan  berbagi tips agar tampilan  layar laptop tetap jernih.

Selain didukung kualitas VGA Card dalam menghasilkan tampilan, kejernihan gambar pada monitor juga sangat ditentukan oleh kebersihan layar monitor itu sendiri. Bila layar monitor laptop Anda ternyata kotor, berdebu atau bahkan banyak terdapat goresan maka wajar bila tampilan yang dihasilkan terkesan kurang maksimal alias kabur dan tidak jernih

Untuk menghindarkan layar monitor dari tampilan gambar yang buruk Anda cukup melakukan sejumlah hal praktis. Dari hal – hal sepele atau keseharian saja, misalnya, bila ingin menjelaskan tentang suatu data pada layar monitor pada teman Anda, sebaiknya tidak perlu menunjuk layar monitor hingga jari Anda benar – benar menempel pada layar tersebut , apalagi bila disertai tekanan. Demikian juga bila menunjuknya dengan pena atau alat tertentu, sekali lagi jangan memberi kesan goresan atau tekanan pada layar. Sebab itu jelas akan merusak layar.

Kemudian, untuk membersihkan layar monitor dari debu atau kotoran tertentu, gunakanlah kain lap atau busa halus yang kering. Pada saat membersikan layar jangan menekan lap atau busa dengan keras sebabakan berakibat buruk  pada layar. Untuk kotoran atau debu yang membandel, Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih layar monitor laptop. Ini  dapat Anda peroleh pada toko atau counter yang khusus menjual alat – alat serta property laptop dan computer.

Bila Anda tidak dapat menemukan cairan pembersi khusus tersebut, air yang dioplos dengan sedikit (secukupnya) larutan sabun mandi dapat menjadi alternatifnya. Saat membersihkan layar, sangat disarankan tidak menyemprotkan air sabun tersebut secara langsung kelayar monitor. Karena hal tersebut dapat menyebabkan beberapa bagian laya monitor Anda menjadi kabur dan agak sulit dibersihkan. Jadi, sebaiknya Anda terkebih dahulu menyemprotkannya ke lap atau busa halus, baru setelah itu Anda mulai membersihkan layar. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda membersihkan layar monitor dengan sentuhan satu arah. Misalnya dari sisi atas menuju bagian bawah layar, demikan sebaliknya atau bisa juga dari sisi kanan menuju bagian sisi kiri layar. Ini perlu dilakukan untuk menghindari resiko tergoresnya layar monitor secara kasar.

Sebagai tambahan, sejumlah sumber informasi menyebutkan bahwa hampir setengah dari keseluruhan harga satu unit laptop disumbangkan oleh bagian layar monotornya. Apalagi bila layarnya menggunakan teknologi kelas tinggi, sudah bisa dibayangkan bukan bahwa betapa penting dan hati – hatinya seorang pengguna laptop dalam merawat dan menjaga bagian layar monitor dari laptopnya tersebut.

Semoga artikel membuat layar laptoptetap jernih ini bermanfaat bagi Anda. 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments: